Tahukah Anda, Mengurangi Penggunaan Ponsel Anda Ternyata Memberi Dampak Seperti Ini

Sabtu, 23 April 2022 | 10:54 WIB

MEDIUS.CO.ID -  Mengurangi penggunaan smartphone hingga satu jam ternyata membuat kita tidak terlalu cemas dan lebih puas dengan hidup, sekaligus mendorong kita untuk lebih banyak berolahraga.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Ruhr-Universität Bochum di Jerman. 

Mereka ingin menentukan apakah kehidupan manusia sebenarnya lebih baik tanpa smartphone dan seberapa sedikit penggunaan sehari-hari yang bermanfaat bagi kita.

Para peneliti merekrut 619 orang untuk penelitian mereka dan membagi mereka menjadi tiga kelompok. 

Sekitar 200 orang meletakkan ponsel cerdas mereka di satu sisi selama seminggu, 226 mengurangi jumlah waktu mereka menggunakan perangkat satu jam dan 193 tidak mengubah apa pun dalam perilaku mereka.

Para peneliti menemukan bahwa keduanya benar-benar melepaskan smartphone dan mengurangi penggunaan sehari-hari satu jam memiliki efek positif pada gaya hidup dan kesejahteraan para peserta. Kelompok yang mengurangi penggunaan melihat efek ini bertahan lebih lama dan menunjukkan stabilitas lebih dibandingkan kelompok pantang.

Para peneliti juga mewawancarai peserta, menanyakan tentang kebiasaan gaya hidup dan kesejahteraan mereka setelah intervensi serta sebulan kemudian dan empat bulan kemudian. 

Mereka bertanya tentang seberapa aktif hidup mereka, berapa banyak rokok yang mereka hisap dalam sehari dan seberapa puas mereka dengan hidup mereka, sembari juga menanyakan tanda-tanda depresi dan kecemasan. 

Intervensi satu minggu benar-benar mengubah kebiasaan penggunaan peserta dalam jangka panjang. Bahkan empat bulan setelah intervensi berakhir, anggota kelompok pantang melihat ponsel mereka sekitar 38 menit lebih sedikit per hari daripada sebelumnya. 

Kelompok yang menghabiskan satu jam lebih sedikit per hari dengan telepon mereka selama intervensi menggunakannya 45 menit lebih sedikit per hari, empat bulan setelah intervensi berakhir dibandingkan sebelumnya.

Mereka juga melaporkan peningkatan kepuasan hidup, waktu yang dihabiskan untuk aktif secara fisik serta pengurangan depresi dan kecemasan. 

Para peneliti menyimpulkan dengan menyatakan bahwa sementara berpantang memang memiliki dampak positif secara keseluruhan, seseorang tidak perlu menyerah sepenuhnya. Sebagai gantinya, mereka dapat melihat batas penggunaan harian yang optimal untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia. 

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad