Sakit di Bagian Lengan Kiri, Waspadai 5 Penyebab Serangan Jantung yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Senin, 30 Mei 2022 | 10:32 WIB

MEDIUS.CO.ID - Ide pertama yang terlintas dalam pikiran ketika seseorang mengatakan bahwa mereka memiliki rasa sakit di lengan kiri mereka adalah bahwa itu bisa menjadi serangan jantung.

Namun, apakah nyeri di lengan kiri biasanya mengindikasikan serangan jantung? 

Ketika ditanya tentang hal itu, Dr Brajesh Kumar Kunwar, Ahli Jantung Intervensi di Rumah Sakit Hiranandani di Vashi , mengatakan hal itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

Serangan jantung adalah salah satu kondisi paling umum yang bermanifestasi dengan rasa sakit di lengan kiri. Namun, ketika didiagnosis, itu tergantung pada usia pasien. 

Misalnya, jika seseorang dalam kelompok usia menengah atau tua, berkonsultasi dengan dokter dengan nyeri di lengan kiri, hal pertama yang dipertimbangkan dokter adalah mungkin karena serangan jantung. 

Namun, gejalanya harus dikaitkan dengan gejala lain seperti berkeringat, mual, cemas, dan muntah. Jika faktor-faktor ini hadir bersama dengan nyeri lengan kiri, maka itu adalah tanda serangan jantung.

Nyeri di lengan kiri bisa menjadi tanda kondisi lain juga. Berikut adalah yang umum:

Kondisi muskuloskeletal lokal
Kondisi umum lainnya yang ditandai dengan nyeri di lengan kiri termasuk kondisi muskuloskeletal seperti radang sendi bahu. Bisa juga karena spondylosis serviks , yang sebagian besar terlihat pada orang yang bekerja di depan komputer. Jika Anda kidal dan menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan komputer dan merasakan nyeri di lengan kiri, itu adalah tandanya untuk berkonsultasi ke dokter untuk memeriksakannya.

Kompresi serviks
Kondisi umum lainnya yang menyebabkan nyeri lengan kiri adalah kompresi serviks pada saraf tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki kompresi akar di daerah bahu, maka itu dapat menyebabkan rasa sakit di lengan. Juga, kompresi suplai saraf ke bagian bawah diafragma atau komplikasi apa pun di diafragma dapat menyebabkan rasa sakit di lengan.

Cedera bahu
Dalam beberapa kasus, trauma atau cedera yang terkait dengan bahu dapat menyebabkan rasa sakit di lengan. Dislokasi bahu atau patah tulang di daerah bahu mungkin juga bermanifestasi sebagai nyeri di lengan. Adanya tumor kecil di daerah bahu atau beberapa lipoma atau massa jaringan lunak yang tertekan oleh saraf di bahu merupakan tanda kekhawatiran.

Infeksi lokal
Ini mungkin mengejutkan tetapi infeksi lokal juga dapat menyebabkan rasa sakit di lengan kiri. Ya! Misalnya, infeksi herpes zoster dapat menyebabkan rasa sakit di lengan karena peradangan di daerah lengan. Selain itu, infeksi herpes

Posisi tidur
Jika pasien tidur tidak normal di satu sisi atau sisi kiri, itu juga dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di lengan di tengah malam. Bisa juga karena kompresi saraf di daerah bahu, yang menyebabkan mati rasa di lengan.

Bagaimana Membedakan Antara Serangan Jantung Dan Kondisi Lainnya?

Saat membedakan antara serangan jantung dan kondisi lainnya, ada beberapa faktor/kondisi yang diperhatikan para ahli. Serangan jantung biasanya dikaitkan dengan gejala lain seperti berkeringat, mual, kecemasan, penurunan tekanan darah (BP), pusing, dan peningkatan keparahan nyeri saat berjalan atau beraktivitas.

Oleh karena itu, setiap rasa sakit yang terkait dengan gejala lain dari serangan jantung atau jika rasa sakit bertambah saat berjalan atau berolahraga, hubungan seksual, atau upaya emosional atau fisik apa pun, merupakan indikasi bahwa rasa sakit itu mungkin berasal dari jantung. 

Kedua, jika seorang pasien memiliki beberapa faktor risiko arteri koroner seperti diabetes, riwayat keluarga dengan serangan jantung, hipertensi atau kadar kolesterol tinggi dan mengeluh tentang nyeri di lengan, hal itu dianggap sangat serius.

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad