Ruas Jalan Pekanbaru Direncanakan Akan Diberlakukan Satu Arah, Dishub: Masih Sosialisasi

Senin, 20 Juni 2022 | 09:57 WIB

MEDIUS.CO.ID, PEKANBARU - Hingga saat ini Jalan Riau belum diberlakukan one way (satu arah). Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru masih melakukan sosialisasi terhadap rekayasa lalu lintas disejumlah titik.

Rencana pemberlakuan one way di jalur tersebut tidak diterapkan sepanjang hari. Tetapi cuma pada jam tertentu saat dipadati kendaraan.

Seperti yang disampaikan Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso. Rencananya akan diterapkan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

"Kami sudah meninjau, dan kita perlu ambil kebijakan untuk merekayasa ulang. Kami masih lakukan sosialisasi lagi lah," sebut Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso, pada Senin (20/6/2022).

Menurutnya, saat ini jumlah kendaraan yang melewati jalan tersebut sedang dihitung menggunakan robot. Ia menyebut, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas agar tak terjadi kemacetan yang panjang dan lama di jalan Riau. Karena, Jalan Riau itu tidak bisa dikembangkan lagi.

"Salah satu solusinya adalah merekayasa lalu lintas pada jam tertentu. Kemudian, rekayasa lalu lintas itu dirumuskan oleh robot tersebut. Makanya, pola arus kendaraan di Jalan Riau itu harus menjadi satu arah," jelas Yuliarso melanjutkan.

Dishub juga sudah mempertimbangkan dan mendiskusikan cukup panjang dengan stakeholder (pengambil kebijakan) terkait. Dishub juga mendengarkan masukan dari masyarakat.

"Kami harus melakukan percobaan guna mengetahui hasilnya. Sebenarnya, hasil dari hitungan robot itu terlihat di U-turn depan Kantor Kecamatan Bukit Raya, jalan Kaharuddin Nasution (Simpang Tiga). U-turn itu hanya untuk akses mobil pemadam kebakaran," jelasnya.

Dari rencana rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan, Jalan Kulim akan diatur dua arah. Kemudian, Jalan Riau satu arah dari timur ke barat.

Selanjutnya Jalan Kayu Manis dua arah tidak ada perubahan dari sebelumnya. Begitu juga Jalan Pemuda dua arah tidak ada perubahan. Terakhir Jalan Jati satu arah dari arah barat ke timur. (Lucky)

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad