Timnas Indonesia Adaptasi Lapangan di AFF 2022

Minggu, 01 Januari 2023 | 06:55 WIB

 

MANILA (P)-Timnas Indonesia mewaspadai efek dari rumput buatan (sintetis) Stadion Rizal Memorial, Manila, yang akan menjadi arena pertandingan pamungkas skuad Garuda di Grup A Piala AFF 2022 kontra Filipina, Senin (2/1).

“Di Indonesia, kami tidak biasa bermain di lapangan sintetis. Jadi, kami mesti beradaptasi, tidak ada jalan lain,” ujar penyerang timnas Indonesia Ilija Spasojevic usai berlatih di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (31/12/2022) malam.

Menurut pesepak bola yang akrab disapa Spaso tersebut, rumput artifisial membuat bola tidak mengalir dengan kecepatan seperti di rumput alami.

Oleh karena itu, para pemain timnas harus terus membiasakan diri mengontrol bola tersebut meski sebelumnya mereka sudah berlatih di Lapangan C Gelora Bung Karno, Jakarta, yang juga berumput sintetis.

“Cara berlari juga mesti berbeda. Itulah kenapa kami segera berangkat ke Filipina setelah laga melawan Thailand, untuk beradaptasi,” kata Spaso.  Sementara kiper timnas Indonesia Nadeo Argawinata yakin skuadnya tidak kesulitan bertanding di lapangan sintetis.

Hal itu lantaran mayoritas pemain sudah pernah berlaga di rumput artifisial, termasuk di Rizal Memorial.

Nadeo merupakan salah satu pemain yang pernah merasakan rumput Stadion Rizal Memorial dalam SEA Games 2019. Ada juga nama-nama Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Muhammad Rafli dan Egy Maulana Vikri.

“Jadi tidak ada masalah besar. Meski begitu, kami tetap perlu membiasakan diri,” tutur Nadeo.  Pertandingan pamungkas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 melawan Filipina akan digelar Senin (2/1) pada pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Partai itu penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya. Indonesia akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas tuan rumah Filipina pada laga terakhirnya di Grup A.  Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan melawan Kamboja, pada hari yang sama.

Saat ini Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).  Adapun Filipina dan Brunei Darussalam sudah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022.***

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad