Erupsi, Gunung Merapi Sumbar Status Waspada

Senin, 09 Januari 2023 | 07:50 WIB

 

BUKITTINGGI (P)-Kondisi gunung Merapi di Sumatara Barat mengalami erupsi. Hal itu membuat BPBD Sumbar menetapkan status siaga. Informasi dari BPBD Tanah Datar, Sumbar, sebanyak 29 pendaki asal Riau terpantau melakukan open trip ke Gunung Merapi pada Jumat (06/01/23).

"Yang naik hari Jumat baru 29 orang yang open trip, asalnya dari Riau," kata Kasi Pencegahan BPBD Tanah Datar, Robert Cahneldi, S.Ip, Ahad (08/01/23).  Dikatakan Robert, seluruh pendaki tersebut diminta segera turun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Ada team yang memaksa mereka turun, sekarang dalam proses turun," jelas Robert.  Diberitakan sebelumnya, gunung merapi Sumatera Barat mengalami erupsi pada Sabtu (07/01/23) pagi. Sejumlah pendaki dikabarkan berada di merapi saat erupsi terjadi. 

Berdasarkan informasi dari BKSDA diperkirakan lebih 40 orang pendaki menuju puncak merapi sebelum terjadi erupsi, termasuk pendaki dari luar daerah Sumbar.  Gunung Marapi di Sumatera Barat merupakan salah satu Gunung api aktif. Posisinya berada di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan ketinggian 2.891 mdpl. (*1) 

 

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad