Warga Resah, Jejak Harimau Menyebar

Jum'at, 20 Januari 2023 | 09:55 WIB

SIAK (Publikanews.com)- Warga di Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak resah. Pasalnya sejak Senin-Kamis (16-19/1) jejak harimau menyebar di sejumlah titik di Kampung itu. Temuan jejak harimau ini tentu saja membuat resah warga.  Bahkan tak hanya jejak, terpantau CCTV juga harimau naik ke atas ponton milik Apeng yang sedang diperbaiki.

Demikian dijelaskan Penghulu Kampung Suak Lanjut Ilyas. Menurutnya pihaknya terus melakukan koordinasi dan turun lapangan dengan pihak BBKSDA Riau dan BPBD Kabupaten Siak, serta Polri.

“Kami ingin situasi ini segera berakhir, sehingga situasi kembali kondusif,” kata Ilyas. Dijelaskan Penghulu Ilyas, pada Senin (16/1) pagi ditemukan jejaknya di kediaman Narwi (60) yang akrab disapa Pak Awi.

Selanjutnya pada Selasa (17/1) ketemu jejaknya oleh Ismail di kebun semangka. Di kebun semangka ini, jejaknya baru dna terlihat nyata. Petang harinya, ditemukan juga jejak harimau tidak jauh dari kebun semangka, hal itu disaksikan oleh warga dan Kadus Amir.

“Selanjutnya pada Rabu (18/1) malam, Apeng pengusaha pembuatan kapal sedang mengelas ponton, tak lama selesai mengelas ponton, terekam CCTv harimau naik ke atas ponton,” terang Penghulu Ilyas.

Analisa sementara Windu dan rekannya dari BKSDA Riau yang turun ke Siak, dari gerak gerik hewan yang tertangkap CCTv merupakan harimau dahan, lebih kecil dari harimau sumatera, seperti macan tutul.

Lebih jauh dikatakan Windu, selama ini harimau dahan hanya memangsa hewan. Belum ada fakta memangsa manusia.  “Kami akan memasang dua kamera trap di lokasi, sehingga jelas apakah itu harimau sumatera atau harimau dahan,” katanya.***

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad