Bendungan Stanum Bangkinang Jebol

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:40 WIB

BANGKINANG (RP) – Tingginya curah hujan menyebabkan dinding penahan bendungan Stanum Kelurahan Langgini, Kecamatan  Bangkinang Kita, Kabupaten Kampar jebol, Senin (23/1/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar Agustar melalui Kepala Pusat Pengendalian Operasi Bencana Daerah (Pusdalops-BD) Adi Candra mengatakan, terjadi longsor di dinding bendungan Stanum karena curah yang tinggi.

"Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan gerusan pada dinding tebing penahan bendungan Stanum," jelas Adi Candra. Adi Candra mengatakan, terjadi longsor pada tebing penahan bendungan yang mengakibatkan tanggul pada dinding penahan bendungan jebol.

"Akibat dinding penahan bendungan jebol serta air bendungan Stanum menjadi kering. Air bendungan ini merupakan sarana pengairan kolam ikan dan pembibitan ikan milik masyarakat dan Dinas Perikanan Kampar," kata Adi Candra.

Adi Candra menambahkan, Satgas TRC Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Kampar berkoordinasi dengan instansi terkait serta melakukan kaji cepat di lokasi kejadian Kampar dan pemasangan police line.

Adi Candra mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Karena informasi dari BMKG. Berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di Kecamatan  Kuok, Tapung, Tapung Hilir, Tapung Hulu, Salo, Kampar Kiri Tengah, Gunung Sahilan, Koto Kampar Hulu. Dapat meluas ke wilayah ke Kecamatan Bangkinang Kota, Kampar, Tambang, Xiii Koto Kampar, Siak Hulu, Kampar Kiri, Kampar Kiri Hilir, Kampar Kiri Hulu, Rumbio Jaya, Bangkinang, Perhentian Raja, Kampar Timur, dan Kampar Utara.***

 

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad