Beredar Kabar Gubri Usulkan Pj Baru

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:54 WIB

PEKANBARU (Publikanews.com)- Gubenur Riau (Gubri) Syamsuar secara berkala melakukan evaluasi terhadap kinerja dua Penjabat (Pj) yakni Pj Walikota (Wako) Pekanbaru Muflihun dan Pj Bupati Kampar Kamsol. Hasil evaluasi tersebut kemudian dilaporkan ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

Sesuai ketentuan, jabatan Pj Walikota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar hanya ‎berlaku selama satu tahun sejak tanggal pelantikan. Dimana, kedua Pj tersebut dilantik pada 23 Mei 2022 lalu. Namun jabatannya bisa kembali diperpanjang tergantung dari hasil evaluasi.

Berdasarkan informasi yang beredar, pasca melakukan evaluasi dan jelang setahun kepemimpinan dua Pj tersebut. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali mengusulkan nama calon Pj baru ke Kemendagri. Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Firdaus, saat dikonfirmasi terkait dengan pengajuan calon Pj Walikota Pekanbaru dan Pj Bupati Kampar, mengatakan, tidak mengetahui adanya informasi Gubernur Riau mengajukan calon Pj kedua daerah tersebut.

"Kalau untuk pengajuan Pj Walikota Pekanbaru dan Pj Kampar yang terbaru saya tidak tahu. Mungkin bisa saja Gubernur yang langsung ke Kemendagri, saya tidak mengetahui soal pengajuan Pj yang terbaru,” ujar Firdaus.

Dijelaskan Firdaus, saat ini memang ada evaluasi terhadap jabatan Kepala Organisasi Perangkat (OPD) dilingkungan Pemprov Riau, termasuk Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan Pj Bupati Kampar, Kamsol. Dan sesuai aturan jabatan Pj kepala daerah diberikan jika pejabat tersebut masih menjabat sebagai kepala OPD, atau eselon II.

"Sekarang kan pejabat di Pemprov Riau sudah dievaluasi, tapi belum tau apakah Muflihun dan Kamsol masih menjabat nanti atau tidak," jelas Firdaus.

Diakui Firdaus, memang ia juga ada mendengar jika ada usulan penggantian Pj. Bahkan yang ia dengar, usulan penggantian Pj tersebut sudah berada di meja Mendagri. "Saya juga dengar katanya ada usulan Pj dan sudah di meja Mendagri. Tapi yang jelas, kalau usulannya melalui kami tidak ada," sebutnya.

Semenatara itu, Gubernur Riau Syamsuar saat dikonfirmasi hanya menjawab singkat. Menurutnya, pengantian Pj adalah kewenangan Kemendagri di Jakarta."Itu urusan Jakarta, bukan saya yang neken," ujarnya.***

Editor : Admin

Reporter : Admin

Close Ad